Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran :B. Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan populer.
2.
Mengungkapkan
makna dalam monolog yang berbentuk narrative,spoof
dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
Indikator
1. Merespon
wacana monolog: narrative
2. Melakukan
monolog berbentuk : narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: narrative
·
Siswa dapat melakukan melakukan monolog berbentuk : narrative
- Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk: narrative contohnya:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa
mencocokkan gambar dengan judul cerita rakyat.
·
Kegiatan
Inti (75’)
§ Siswa
mendengarkan teks lisan narrative sambil
mencocokkan gambar dengan cerita narrative yang di dengar melalui tape
secara klasikal.
§
Siswa
mendengar retelling story berbentuk dialog dan memperhatikan intonasi
yang digunakan.
§ Siswa
menjawab pertanyaan tentang teks monolog narrative
yang didengar.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
Tanya-jawab mengenai pendapat
siswa tentang teks monolog yang didengar
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
·
Script dari Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment (responding)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan,
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester :
XI/2
Pertemuan ke :
2
Alokasi Waktu :
1 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
2.
Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam
bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: love).
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara
akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan
( expressing: love).
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan
perasaan
(expressing: love).
2. Melakukan berbagai tindak tutur dalam
wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing:love).
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: love).
- Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: love).
- Materi Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan
yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
·
Menyatakan
perasaan (expressing: love)
mis.
A: Oh, my deaest Antony.
How could you marry such a woman like Octavia. You said you loved me. Oh, how
dare you!How deep is your love for me?
B:My sweetest queen,there’s a beggary in the love that can be reckoned
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Tanya-jawab
mengenai ungkapan cinta yang ada di
film.
·
Kegiatan
Inti (70’)
§ Siswa
mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan
untuk menyatakan perasaan (expressing: love) melalui
tape secara klasikal.
§
Siswa
mendiskusikan dialog dan fungsi ungkapan yang didengar melalui tape.
§
Siswa
membaca ungkapan-ungkapan lainnya yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: love).
§ Siswa melafalkan
ungkapan-ungkapan lain menyatakan perasaan (expressing: love).
§ Siswa mendengarkan
ungkapan cinta dan mencocokkan dengan orang yang menyatakannya
§ Siswa
membuat definisi tentang cinta.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa
mendapat feedback dari guru.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
- Penilaian
·
Teknik: Performance
Assessment (responding)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
2.
Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam
bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing:
sorrow& attention) )
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara
akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan
(expressing: sorrow& attention) )
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan
perasaan (expressing: sorrow& attention)
)
2. Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan
perasaan (expressing: sorrow& attention)
)
1.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan peringatan.
·
Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan peringatan.
2. Materi
Pokok
Pernyataan
yang memuat ungkapan –ungkapan berikut
Menyatakan
perasaan (expressing: sorrow& attention))
mis.
My heart is so burdened I’m so sad to hear that
3.
Metode
Pembelajaran/Teknik: Three-phase
technique
4.
Langkah-langkah
Kegiatan
- Kegiatan Awal (5’)
§ Tanya
jawab dengan siswa mengenai apakah mereka pernah mendengar cerita teman dan
mersa sedih. Ungkapan apa yang digunakan untuk menyatakan sedih dan menaruh
perhatian besar akan ceritanya.
·
Kegiatan
Inti (35’)
§
Siswa
membaca bagian drama Shakespear dan mengubahnya menjadi kalimat sederhana
§
Siswa
mendengarkan ungkapan-ungkapan lain untuk menyatakan perasaan (expressing:
sorrow & attention) melalui
tape secara klasikal
§
Siswa
mendiskusikan ekspresi/ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing:
sorrow & attention
)yang didengar melalui tape.
§ Siswa
melengkapi dialog dengan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing:
sorrow & attention )
§ Siswa
memberikan respon terhadap cerita yang dibacakan oleh temannya.
·
Kegiatan
Akhir (5’)
§ Siswa
mendapat feedback dari gurunya
5.
Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Tape
6.
Penilaian
·
Teknik: Performance
Assesment (Responding,
·
Bentuk: Pertanyaan Lisan, tugas berpasangan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran :B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Merespon makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
|
Indikator
- Merespon wacana monolog: narrative
§ Melakukan
monolog berbentuk : narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: narrative
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk narrative
- Materi Pokok
Teks monolog narrative contohnya berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Tanya-jawab mengenai bentuk tenses apa yang
biasa digunakan dalam teks monolog narrative
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Siswa
membaca penjelasaan bentuk tense yang digunakan dalam teks monolog narrative
§ Siswa
Siswa membaca ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk bercerita
§ Siswa
menentukan perubahan bentuk kata kerja yang ssuai untuk teks monolog narrative
§
Siswa
mendengarkan teks monolog narrative.dengan bantuan audio
§ Siswa mengidentifikasi informasi tentang teks lisan
narrative: Joko Tole
§ Siswa
mendiskusikan isi jawaban mereka
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa membaca kesimpulan mengenai
karakteristik teks monolog narrative
§
Siswa
mendapat tugas untuk melakukan drama berkelompok dengan menggunakan scenario
yang tertera di buku teks.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Kaset/CD
·
Script dari Look Ahead 2
6. Penilaian
§ Teknik:
Performance Assesment
§ Bentuk:
pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1.
Merespon makna dalam teks monolog sederhana
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk:narrative
2.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat,
lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
|
Indikator
·
Merespon wacana monolog: narrative
§ Melakukan
monolog berbentuk: narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: narrative
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk narrative
- Materi Pokok
Teks monolog narrative contohnya berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa
mempersiapkan drama
·
Kegiatan
Inti (75’)
§
Siswa berkelompok melakukan drama secara
bergantian.
§
Siswa
lain memperhatikan dan mendengar drama yang dilakukan temannya.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa
mendapat feedback dari guru mengenai performa mereka
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
§ Teknik:
Performance Assesment
§ Bentuk:
drama
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
6
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk narrative,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk narrativ,spoof dan hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Merespon makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
|
Indikator
§ Merespon
wacana monolog: narrative
§ Melakukan
monolog berbentuk : narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon wacana monolog: narrative
·
Siswa dapat melakukan monolog berbentuk
narrative(mendongeng)
- Materi Pokok
Teks monolog narrative, contohnya
berikut:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa menyiapkan hal yang diperlukan untuk mendongeng
·
Kegiatan
Inti (75’)
§ Tiap
siswa secara bergantian mendongeng didepan kelas
§
Siswa
lain mendengarkan presentasi dongeng yang dilakukan.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa
mendapat feedback dari guru
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
·
Alat Bantu (gambar, poster)
·
Boneka tangan
- Penilaian
- Teknik: Performance Assesment , Checklist
- Bentuk: mendongeng
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrative,spoof dan
hortatory exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
·
Memahami cerita Valentine’s Day Is Not Part
Of Our Culture
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
memahami Valentine’s Day
|
- Materi Pokok
Wacana
teks berjudul Valentine’s Day Is Not Part Of Our Culture
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Tanya jawab mengenai Valentine’s day
·
Kegiatan
Inti (35’)
§ Siswa
membaca Valentine’s Day Is Not Part Of Our Culture
§ Siswa
mendiskusikan teks Valentine’s Day Is Not Part Of Our Culture
§ Menjawab pertanyaan menegenai Valentine’s
Day Is Not Part Of Our Culture
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa
memberi pendapat tentang Valentine’s day di Indonesia
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: responding
·
Bentuk: pertanyaan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
8
Alokasi Waktu :
3 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrativ,spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
|
·
Mengidentifilasi langkah-langkah retorika dalam
wacana: narrative
- Tujuan Pembelajaran
|
·
Siswa dapat mengidentifilasi langkah-langkah
retorika dalam wacana: narrative
- Materi Pokok
Teks tertulis berbentuk narrative,contoh,
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Tanya
jawab mengenai gambar yang tertera di buku
·
Kegiatan
Inti (70’)
§ Siswa
membaca teks tulis narrative: The
lion and the Mouse
§ Sisa
menjawab pertanyaan tentang teks narrative tersebut dan membahasnya.
§
Siswa teks narrative berikutnya: The Stronger
Man dan menjawab pertanyaannya
§
Siswa
berpasangan menjodohkan fable dengan pesan moralnya.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Siswa
memberikan pendapat mengenai cerita narrative yang dibacanya
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: pertanyaan lisan dan tertulis
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
B.Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
9
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrativ,spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan teks narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks narrativee
- Materi Pokok
Teks tulis berbentuk narrative, contoh:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview penggunaan past
tenses untuk teks berbentuk narrative
·
Kegiatan
Inti (30’)
§ Siswa
membaca bagian-bagian dari teks narrative tentang Simple Past Tense
§ Siswa
mnegidentifikasi bentuk positif, negative dan pertanyaan berbentuk past
tense dari teks berbetuk narrative.
§ Siswa
membaca penjelasan tentang past tenses
§ Siswa
menentukan bentuk kata kerja yang tepat yaitu past perfect atau simple
past
§ Siswa
menentukan bentuk kata kerja yang tepat yaitu past continuous atau simple
past
§ Siswa
menentukan bentuk kata kerja yang tepat yaitu future in the past atau simple
past
§ Siswa
membaca penjelasan mengenai action verbs
§ Siswa
menggaris bawahi action verbs pada teks narrative
§ Siswa
membaca penjelasan mengenai thinking verbs dan feeling verbs
§ Siswa
menentukan thinking verbs, feeling verbs atau saying verbs dari
suatu kalimat
§ Siswa membaca penjelasan tentang Noun dan
Noun Phrases
§
Siswa
mengembangkan noun menjadi noun phrases
.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa
mengulas penjelasan tentang. past tenses, action verbs, thinking verbs,
feeling verb,saying verbs Noun dan Noun Phrases.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: latihan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan
ke : 10
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk narrativ,spoof dan hortatory exposition secara
akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: narrative
Indikator
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan teks narrative
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks narrativee
- Materi Pokok
Teks tulis berbentuk narrative, contoh:
|
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
Siswa mereview penggunaan adverbs
untuk teks narrative
·
Kegiatan
Inti (30’)
§ Siswa
membaca penjelasan tentang adverbs
§ Siswa
mengembangkan kalimat dengan adverbs of manne, place and time.
§ Siswa
membaca penjelasan tentang time connectives.
§ Siswa
menentukan time connectives yang tepat untuk melengkapi teks
narrative.
§ Siswa
membaca penjelasan tentang conjunction.
§
Siswa
melanjutkan kalimat dengan menggunakan conjunctions.
§ Siswa
membaca penjelasan mengenai punctuation
§ Siswa
menentukan tanda baca (punctuation) yang tepat pada teks narrative.
·
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Sis.wa
mengulas penjelasan tentang. Adverbs, time
connectives, conjunction,dan punctuation.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 2
- Penilaian
·
Teknik: Unjuk kerja
·
Bentuk: latihan
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA.
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : IKLAN
Jenis Text : Explanation
Skill : Reading dan listening
Pertemuan Ke : 1
A. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, explanation,
dan discussion dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
4.1. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek resmi dan tak resmi
secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
(teks Pengumuman)
C.
Tujuan pembelajaran
Pada akhir pelajaran sIswa dapat
1. Mengiklankan sesuatu dengan mengunakan
kata yang santun dan
tepat
2. Membuat
iklan dengan melalui pengembangan kosa kata secara mandiri
3. Menciptakan suatu usaha periklanan dimasa depan
Indikator pencapaian kompetensi
|
Kreatifitas yang
ditanamkan :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Materi Pokok
§ Tesxt fungsional pendek iklan
§
Kosakata yang
berhubungan dengan iklan
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – reading technique
·
Pre
reading
Whilst
l reading
Post
reading
Srategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (5)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (65)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi Tesk fungsional pendek”Iklan ”.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk fungsional
pendek”Iklan ”.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Tesk
fungsional pendek”Iklan ”.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk fungsional
pendek”Iklan ”.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat Tesk
fungsional pendek”Iklan ”.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa dengan
memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan
tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Tesk narrative.
Kegiatan Akhir (15)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai Tesk fungsional pendek”Iklan ”.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi Tesk fungsional pendek”Iklan ”.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ teks yang relevan : English Texts in Use jilid
XII, English ALive XII
§ Gambar yang relevan
§
Script
monolog berbentuk banner, poster atau pamphlet, brosur
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
3.
|
Menerapkan
pengetahuan tentang iklan dengan membuat kalimat dari text
Mampu membuat
iklan
Mengidentifikasikan jenis –jenis iklan
|
Tes Lisan
Tes
tertulis
|
Listen to
the following advertisement and answer the questions!
|
II.
Instrumen Penilaian
Read the Iklan aloud.
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspek
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Pronounciation
|
- Anak berbicara dengan lafal, intonasi yang
benar
|
3
|
- Anak berbicara dengan lafal dan intonasi
yang benar namun ada beberapa kesalahan
|
2
|
||
- Anak berbicara dengan lafal dan intonasi
yang masih salah
|
1
|
||
2.
|
Fluency
|
- Anak
berbicara dengan lancer
|
3
|
- Anak berbicara dengan beberapa hambatan
|
2
|
||
- Anak
berbicara dengan tidak lancar
|
1
|
||
3.
|
Performance
|
- Anak maju ke depan kelas berbicara dengan
keyakinan yang tinggi
|
3
|
- Anak maju ke depan kelas berbicara dengan
agak ragu-ragu
|
2
|
||
- Anak maju ke depan kelas berberbicara
dengan keyakinan yang sangat rendah
|
1
|
Nilai = peroleh skor dibagi
15 x 100
Mengetahui Depok,
Kepalala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ Elly
Azis
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Pamphlet
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Membaca
5. Memahami makna teks fungsional
pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, explanation, dan discussion
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
B. Kompetensi Dasar
5.2. Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
§
Membaca
wacana ragam tulis yang dibahas: Teks pamphlet
§
Mengidentifikasi
topik dari teks yang dibaca
§
Mengidentifikasi
informasi tertentu dari teks yang dibaca
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
Mengidentifikasi
makna kata dalam teks pamplet yang
dibaca
Mengidentifikasi
makna kalimat dalam teks iklan yang
dibaca
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks dengan tepat
E. Materi Pokok
Teks
pamphlet , kosa kata yang terkait
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
teks pamphlet , kosa kata yang terkait..
§ Menceritakan kembali cerita kepada
kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan yang dihadapi
siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang teks pamphlet , kosa kata yang terkait. dengan kelompok
belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks pamphlet , kosa kata yang terkait..
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
teks pamphlet , kosa kata yang terkait.kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks pamphlet , kosa kata yang
terkait.”.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai teks
pamphlet , kosa kata yang terkait.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks pamphlet , kosa kata
yang terkait.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat teks
pamphlet , kosa kata yang terkait.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Tesk narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi materi
teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
|
Tes
Tertulis
|
Essay
|
Listen to
the following advertisement and answer the questions!
|
II.
Instrumen Penilaian
I. Read the following pamphlet then
answer the questions
·
What
is the pamphlet about?
·
Whom
is the pamphlet for?
·
What’s
the function of septic tank in rural area?
·
How
many questions must we answer to know
enough about septic tank system?
·
In
Urban and ……………there are sewer s to carry ….(par.1)?
What
does the underlined word means?
III.
Pedoman Penilaian
Setiap nomor apabila benar nilainya 20,
apabila salah 0
Skor
maksimal 5 X 20 = 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Explanation
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Membaca
5. Memahami makna teks fungsional
pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan..
B. Kompetensi Dasar
5.2. Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
§
Mengidentifikasikan
tema teks yang dibaca
§
Mengidentifikasikan
makna kalimat dalam teks yang dibaca
§
Mengidentifikasi
tujuan komunikasi teks dibaca
§
Merespon
berbagai informasi tentang isi teks
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
·
Mengidentifikasikan
tema teks yang dibaca
·
Mengidentifikasikan makna kalimat dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
tujuan komunikasi teks dibaca
·
Merespon berbagai informasi tentang isi teks
E. Materi Pokok
teks
explanation , kosa kata yang terkait
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Menceritakan kembali cerita kepada
kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan yang dihadapi
siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang teks explanation , kosa kata yang terkait dengan kelompok
belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
teks explanation , kosa kata yang terkait kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks explanation , kosa kata
yang terkait.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai teks
explanation , kosa kata yang terkait.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks pamphlet , kosa kata
yang terkait.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat teks
explanation , kosa kata yang terkait.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam teks explanation , kosa kata yang
terkait.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi materi
teks explanation , kosa kata yang terkait.
|
Tes
Tertulis
|
Pilihan
ganda
|
Listen to
the following advertisement and answer the questions!
|
II.
Instrumen Penilaian
A. Choose the correct answer by crossing a,b,c,d or e
Text 1
Have
you ever wondered how people get chocolate for? In this article we’ll enter the
amazing world for chocolate so you can understand exactly what you’re eating.
Chocolate
starts with a tree called the cacao tree. This tree grows in equatorial
regions, especially in place such as South America, Africa, and Indonesia. The
cacao tree produces a fruit about the size of small pine apple. Inside the
fruit are the tree’s seeds, also known as cacao beans.
The
beans are fermented for about a week, dried in the sun and then shipped to the
chocolate maker. The chocolate maker starts by roasting the beans to bring out
the flavor. Different beans from different place have different qualities and
flavor, so the are often sorted and blended to produce a distinctive
mix. Next, the roasted beans are winnowed. Winnowing removes the meat nib of
the cacao beans bean from its shell. Then, the nibs are blended. The blended
nibs are ground to make it a liquid. The liquid is called chocolate liquor. It
tastes bitter. All seeds contain some amount of fat, and cacao beans are not different. However, cacao beans are half
fat, which is why the ground nibs from liquid. It’s pure bitter chocolate.
1.
The
text is about ….
a.
the
cacao tree
b.
the
cacao beans
c.
the
raw chocolate
d.
the
making of chocolate
e.
the
flavor of chocolate
2.
The
third paragraph focuses on ….
a.
the
process of producing chocolate
b.
how
to produce the cacao flavor
c.
where
chocolate comes from
d.
the
chocolate liquor
e.
the
cacao fruit
3.
“
…., so the are often sorted and blended to produce ….” ( Paragraph 3 )
The underline word is close in meaning
to ….
a.
arranged
b.
combined
c.
separated
d.
distributed
e.
organized
4.
How
does the chocolate maker start to make chocolate?
a.
By
fermenting the beans.
b.
By
roasting the beans.
c.
By
blending the beans.
d.
By
sorting the beans.
e.
By
drying the beans.
Text 2
Wood chipping is a process used to
obtain pulp and paper product from the forest. The wood chipping process begins
when the trees are cut down is in selected area of the forest called a couple.
Next, the top and branches of the
trees are cut out and the logs are taken to the mill. At the mill, the bark of
the logs is removed and the logs are
taken to a chipper, which cut them into small pieces called woodchip. The
woodchips are the screened to remove dirt and other impurities. At this stage,
the are either exported in this from or made into pulp by chemicals and heat.
The pulp is then bleached and the water content is removed.
Finally, the pulp is rolled out to
make paper.
5.
The
text describes the process of ….
a.
cutting
down the forest
b.
producing
woodchip
c.
paper
making
d.
wood
chipping
e.
reforestation
6.
What
do the mill workers first do with the logs?
a.
They
export the woodchip.
b.
The
cut them into pieces.
c.
They
roll out the paper.
d.
The
remove the bark.
e.
The
screen the logs.
7.
“At
this stage, they are either exported in this from or ….” ( Paragraph 2 )
The underlined word refer to ….
a.
logs
b.
pulp
c.
process
pulp
d.
raw
woodchips
e.
clean
woodchip
8.
“
The woodchips are then screened to remove dirt and other impurities.”
( Paragraph 2 )
In other word, they are ….
a.
repaired
b.
cleaned
c.
moved
d.
removed
e.
processed
Text 3
Nearly all energy is derived from the
sun, either indirectly or directly, in the form of the form of heat rays and
light rays. Electrical energy is derived from the sun indirectly. It can be
derived from the power of the earth’s surface, by mean of the sun’s heat. This
water vapour rises, condenses on cooling, and falls as rain.
The light and heat energy from coal is
also derived indirectly from the sun. Coal was formed by the pressure of the
rocks on vegetation which died million of years ago. That vegetation grew with
the aid of sunlight, from which carbohydrates were formed, thus converting solar
energy into chemical energy. When coal is burn some of this energy is released.
Energy used to drive car engines is
derived from petrol, which is also formed with the indirect aid of the sun.
Plants and animal were pressed under the rocks in the earth. These dead animals
and vegetables remains formed petroleum, from which petrol and oil are now
obtained.
Thus the sun can be said to be source of
nearly all energy, and in the absence of the sun’s heat and light, no life
could exist on earth.
9.
The
most suitable title for the text is ….
a.
solar
energy
b.
electrical
energy
c.
fossil
fuel energy
d.
light
and heat energy
e.
sources
of energy
10.
Where
does energy come from originally? It
comes from ….
a.
the
sun
b.
the
electricity
c.
the
coal
d.
the
petrol
e.
head
and light rays
Kunci Jawaban
No.
|
|
1.
|
D
|
2.
|
A
|
3.
|
B
|
4.
|
A
|
5.
|
C
|
6.
|
D
|
7.
|
E
|
8.
|
B
|
9.
|
E
|
10.
|
A
|
III.
Pedoman Penilaian
Untuk setiap nomor betul nilai 10, salah 0
Skor maksimal 10 X 10 = 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Text Explanation
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei
sederhana narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
explanation, dan discussion .
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
§
Menggunakan
adverbial clause dalam membuat sebuah explanation
§
Menghasilkan
teks berbentuk explanation
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
·
Menggunakan
adverbial clause dalam membuat sebuah explanation
·
Menghasilkan
teks berbentuk explanation
E. Materi Pokok
teks
berbentuk explanation , kosa kata yang terkait
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Menceritakan kembali cerita kepada
kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan yang dihadapi
siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang teks explanation , kosa kata yang terkait dengan kelompok
belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
teks explanation , kosa kata yang terkait kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks explanation , kosa kata
yang terkait.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai teks
explanation , kosa kata yang terkait.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks pamphlet , kosa kata
yang terkait.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat teks
explanation , kosa kata yang terkait.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam teks explanation , kosa kata yang
terkait.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi materi
teks explanation , kosa kata yang terkait.
|
Tes
Tertulis
|
Essay
|
Listen to
the following advertisement and answer the questions!
|
II.
Instrumen Penilaian
Writing Test
q Now it is time for you to write your
own explanation text.
q Choose one of the titles below
q Don’t forget to use the generic
structure of an explanation text.
Titles :
v
How
telephone works?
v
How
telex works
v
Why
leaves fall in Autumn season
v
…………………………………(your
own title)
Generic
Structure
|
……………………………………
|
A General Statement
|
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..
|
Explanation
|
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..
|
Closing
(if any)
|
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..
|
III.
Pedoman Penilaian
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan
isi dan tema
|
0 – 17
|
2
|
Struktur
kalimat
|
0 – 17
|
3
|
Koherensi
antar kalimat
|
0 – 17
|
4
|
Kompleksitas (Ketepatan penggunaan kata dan istilah)
|
0 – 17
|
5
|
Tanda baca
|
0 – 16
|
6.
|
Ejean
kata
|
0 – 16
|
Skor
maksimum
|
100
|
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Text Explanation
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei
sederhana narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
explanation, dan discussion .
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
§
Menggunakan
adverbial clause dalam membuat sebuah explanation
§
Menghasilkan
teks berbentuk explanation
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
·
Menggunakan
adverbial clause dalam membuat sebuah explanation
·
Menghasilkan
teks berbentuk explanation
E. Materi Pokok
teks
berbentuk explanation , kosa kata yang terkait
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Menceritakan kembali cerita kepada
kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan yang dihadapi
siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang teks explanation , kosa kata yang terkait dengan kelompok
belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
teks explanation , kosa kata yang terkait kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks explanation , kosa kata
yang terkait.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai teks
explanation , kosa kata yang terkait.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks pamphlet , kosa kata
yang terkait.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat teks
explanation , kosa kata yang terkait.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam teks explanation , kosa kata yang
terkait.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi materi
teks explanation , kosa kata yang terkait.
|
Tes
Tertulis
|
Essay
|
Listen to
the following advertisement and answer the questions!
|
II.
Instrumen Penilaian
Writing Test
q Now it is time for you to write your
own explanation text.
q Choose one of the titles below
q Don’t forget to use the generic
structure of an explanation text.
Titles :
v
How
telephone works?
v
How
telex works
v
Why
leaves fall in Autumn season
v
…………………………………(your
own title)
Generic
Structure
|
……………………………………
|
A General Statement
|
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..
|
Explanation
|
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..
|
Closing
(if any)
|
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..
|
III.
Pedoman Penilaian
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan
isi dan tema
|
0 – 17
|
2
|
Struktur
kalimat
|
0 – 17
|
3
|
Koherensi
antar kalimat
|
0 – 17
|
4
|
Kompleksitas (Ketepatan penggunaan kata dan istilah)
|
0 – 17
|
5
|
Tanda
baca
|
0 – 16
|
6.
|
Ejean
kata
|
0 – 16
|
Skor
maksimum
|
100
|
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Teks Berbentuk Narrative
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
2. Memahami
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk narrative, explanation
dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menulis
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog
berbentuk narrative, explanation dan
discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
2.2. Merespon
makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks dalam teks
berbentuk: narrative, explanation, dan
discussion.
4.2. Mengungkap-kan
makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk:
narrative, explanation, dan discussion.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
Memahami isi teks
narrative yang didengar
E. Materi Pokok
Tesk narrative
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
a.
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai
yang ditanamkan: santun, peduli)
b. Mengecek kehadiran
siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
c. Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
d. Dengan
merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang
hendak dikembangkan selain
yang terkait dengan SK/KD
e.
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi Tesk narrative.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk narrative.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Tesk narrative.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat Tesk narrative.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Tesk narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai Tesk narrative.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi Tesk narrative.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi teks narrative yang didengar
|
Tes Lisan
|
Pilihan
Ganda
|
Listen to
the monolog and choose the best answer
|
II.
Instrumen Penilaian
LISTENING TEXT 1
Well, here is the story.
Once upon a time there lived as neighbors, a bear and a rabbit. The rabbit was
a good shot, and the bear being very clumsy could not use the arrow to good
advantage. The bear was very unkind to the rabbit.
Every morning, the bear would call
over to the rabbit and ask the rabbit to take his bow and arrows and came with
the bear to the other side of the hill. The rabbit, fearing to arouse the
bear’s anger by refusing, consented, and went with the bear and shot enough
buffalo to satisfy the hungry family. Indeed, he shot and kill so many that
there was lots of meat left after the bear and his family had loaded
themselves, packed all they could carry home. The bear was very gluttonous, and
did not want the rabbit to get any of the meat so the poor rabbit could not
even taste the blood from the butchering, as the bear would throw earth on the
blood and dry it up. Poor Rabbit would have to go hungry after his hard day’s
work.
The bear was the father of
five children. The youngest boy was very kind to the rabbit. The mother bear,
knowing that the youngest was very hearty eater, always gave him an extra large
piece of meat. What the baby bear did not eat, he would take outside with him
and pretend to play food ball with it, kicking it toward the rabbit’s house, and
when he got close to the door he would give the meat such a good kick, that it
would fly into the rabbit’s house, and in this way poor Rabbit would get his
meal unknown to the papa bear.
Answer the following questions!
1.
What
is the best title of the story above?
2.
Who
were the characters in that story?
3.
Where
is the setting of the story?
4.
What
problem was the rabbit faced?
5.
How
was the problem solved?
Kunci Jawaban
1.
The poor rabbit
2.
A bear and a rabbit
3.
in a jungle/ forest
4. The
bear never gives the rabbit meat for his meal
5. The
bear’s youngest children send the rabbit the meat to the rabbit’s house secretly
III.
Pedoman Penilaian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1,2,3,4,5
|
Isi benar,
tata bahasa benar
Isi benar,
tata bahasa kurang tepat
Tidak
menjawab
|
20
10
0
|
Jumlah
skor maksimal = 5 x 20
= 100
Penilaian : Jumlah skor perolehan : skor maksimal x 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Teks Berbentuk Narrative
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
2. Memahami
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk narrative, explanation
dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menulis
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog
berbentuk narrative, explanation dan
discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
2.2. Merespon
makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks dalam teks
berbentuk: narrative, explanation, dan
discussion.
4.2. Mengungkap-kan
makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk:
narrative, explanation, dan
discussion.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
Memahami isi teks
narrative yang didengar
E. Materi Pokok
Tesk narrative
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
8.
Kegiatan Awal (10’)
a.
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai
yang ditanamkan: santun, peduli)
b. Mengecek
kehadiran siswa (nilai
yang ditanamkan: disiplin, rajin)
c. Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
d. Dengan
merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang
hendak dikembangkan selain
yang terkait dengan SK/KD
e.
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
9.
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi Tesk narrative.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk narrative.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Tesk narrative.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat Tesk narrative.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Tesk narrative.
10. Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai Tesk narrative.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi Tesk narrative.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi teks narrative yang didengar
|
Tes Lisan
|
Pilihan
Ganda
|
Listen to
the monolog and choose the best answer
|
II.
Instrumen Penilaian
LISTENING TEXT 1
Well, here is the story.
Once upon a time there lived as neighbors, a bear and a rabbit. The rabbit was
a good shot, and the bear being very clumsy could not use the arrow to good
advantage. The bear was very unkind to the rabbit.
Every morning, the bear would call
over to the rabbit and ask the rabbit to take his bow and arrows and came with
the bear to the other side of the hill. The rabbit, fearing to arouse the
bear’s anger by refusing, consented, and went with the bear and shot enough buffalo
to satisfy the hungry family. Indeed, he shot and kill so many that there was
lots of meat left after the bear and his family had loaded themselves, packed
all they could carry home. The bear was very gluttonous, and did not want the
rabbit to get any of the meat so the poor rabbit could not even taste the blood
from the butchering, as the bear would throw earth on the blood and dry it up.
Poor Rabbit would have to go hungry after his hard day’s work.
The bear was the father of
five children. The youngest boy was very kind to the rabbit. The mother bear,
knowing that the youngest was very hearty eater, always gave him an extra large
piece of meat. What the baby bear did not eat, he would take outside with him
and pretend to play food ball with it, kicking it toward the rabbit’s house,
and when he got close to the door he would give the meat such a good kick, that
it would fly into the rabbit’s house, and in this way poor Rabbit would get his
meal unknown to the papa bear.
Answer the following questions!
6.
What
is the best title of the story above?
7.
Who
were the characters in that story?
8.
Where
is the setting of the story?
9.
What
problem was the rabbit faced?
10.
How
was the problem solved?
Kunci Jawaban
1.
The poor rabbit
2.
A bear and a rabbit
3.
in a jungle/ forest
4. The
bear never gives the rabbit meat for his meal
5. The
bear’s youngest children send the rabbit the meat to the rabbit’s house secretly
III.
Pedoman Penilaian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1,2,3,4,5
|
Isi benar,
tata bahasa benar
Isi benar, tata
bahasa kurang tepat
Tidak
menjawab
|
20
10
0
|
Jumlah
skor maksimal = 5 x 20
= 100
Penilaian : Jumlah skor perolehan : skor maksimal x 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Narrative
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Menulis
4. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk
narrative, explanation dan discussion
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
4.2 Mengungkap-kan makna dan langkah
retorika da-lam teks mo-nolog dengan mengguna-kan ragam bahasa tulis secara
aku-rat, lancar dan berteri-ma dalam konteks kehi-dupan sehari-hari dalam teks
berben-tuk: narrative, explanation, dan
discus-sion.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
Menghasilkan teks berbentuk
narrative
E. Materi Pokok
Teks narrative
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi Teks narrative.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk narrative.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Tesk narrative.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat Tesk narrative.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Tesk narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai Tesk narrative.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi Tesk narrative.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi teks narrative yang didengar
|
Tes Tertulis
|
Essay
|
Listen to
the monolog and choose the best answer
|
II.
Instrumen Penilaian
Test Writing
q
Now it’s time for you to create your own story
q
Remember to make sure that your story includes
orientation, complication and
resolution
Title :
|
__________________
|
Orientation
(Telling
who, when, where the story takes place)
|
_______________________________________________________
_______________________________________________________
_______________________________________________________
|
Complication
(telling
the problem(s) faced by the main
character
|
_______________________________________________________
_______________________________________________________
_______________________________________________________
_______________________________________________________
_______________________________________________________
|
Resolution
(Telling
how the problem is solved)
|
_______________________________________________________
_______________________________________________________
________________________________________________________
_______________________________________________________
|
III.
Pedoman Penilaian
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan
isi dan tema
|
0 – 17
|
2
|
Struktur
kalimat
|
0 – 17
|
3
|
Koherensi
antar kalimat
|
0 – 17
|
4
|
Kompleksitas
(Ketepatan penggunaan kata dan
istilah)
|
0 – 17
|
5
|
Tanda
baca
|
0 – 16
|
6.
|
Ejean
kata
|
0 – 16
|
Skor
maksimum
|
100
|
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar